-->

Optimasi SEO pada Blog

Optimasi SEO pada Blog
Blog adalah situs yang memberikan Informasi berupa teks atau tulisan yang bertujuan untuk berbagi suatu hal yang belum diketahui oleh para pembaca. Isi konten dari Blog itu sendiri biasanya berisi tentang pengalaman-pengalaman seseorang dalam mencoba sesuatu dan menemukan masalah baru, solusi baru bahkan penemuan baru dalam kehidupannya sehari-hari. Isi dari Blog tersebut bisa berupa : Tutorial, Berita atau News, Karya seni ( bisa berupa Puisi, Lirik, dll) , Info kesehatan, Tentang sejarah, dan masih banyak lagi.



Nah apabila Anda seorang publisher atau Content Creator pada Blog yang anda miliki. pasti Anda sudah tau akan hal itu biasanya itu istilah-istilah Tutorials, Berita, Kesehatan,dll itu dipanggil dengan nama “Niche”.



Menentukan niche sangatlah penting sebelum memulai untuk nge-blog, selain niche Anda juga harus memikirkan nama blog sesuai niche, diskripsinya, dan kontenya.
Namun terkadang para Blogger pemula atau biasa di panggil Newbie lupa bahkan belum tau tentang arti penting dari suatu SEO (Search Engine Optimization ).
SEO ( Search Engine Optimization ) adalah suatu hal yang sangat penting sekali untuk sebuah blog atau web. karena fungsinya dan perannya inilah yang sangat berpengaruh sekali dalam menemukan artikel-artikel atau konten blog Anda di Mesin pencarian Google.


Kali ini Teori Newbie akan membahas tentang 2 Teknik SEO. Yakni Pertama adalah SEO Onpage dan Kedua adalah SEO Offpage


#1 SEO Onpage
SEO ini meliputi dari berbagai banyak hal, seperti :



a) Title Tag : Biasanya Title tag disini digunakan untuk meletakan Keyword. Setelah membaca artikel-artikel tentang SEO di Google, banyak pakar SEO yang menyarankan tentang memberikan kata kunci itu lebih bagusnya diletakan diawal judul dari pada ditengah atau di belakang atau akhir judul. Yang dimaksud diawal itu adalah kata kunci yang sudah Anda riset sebelumnya di Google keyword Planner atau kata kunci khusus.

Contoh :
Judul Pertama : Cara Melakukan Optimasi SEO pada Blog
Judul Kedua : Optimasi SEO pada Blog



Nah dari kedua judul diatas, biasanya judul yang akan ditampilkan duluan Adalah judul yang kedua. Kenapa judul yang kedua? Karena judul yang kedua memiliki kata kunci khusus yang sudah di riset diawal “Optimasi SEO” sehingga Google akan melacak kata kunci awal dan memprioritaskan kata kunci tersebut di hasil pencarian nantinya.
Usahakan ketika membuat artikel, judul yang Anda masukan kata kuncinya di awal agar lebih mudah ditemukan Google dan lebih SEO lagi.



b) Meta Description Tag
Pada bagian Meta Descpription usahakan diskripsi yang Anda masukan atau Anda buat itu panjangnya sampai 156 Karakter saja. Deskripsi ini sangat penting untuk blog Anda. Selain tentang judul, deskripsi ini juga sangat penting dalam  menarik perhatian pengunjung. Jangan lupa masukan kata kunci khusus didalamnya.



c) Konten
Untuk konten sendiri isikan kata kunci pada 100 kata pertama dalam artikel, kata kunci yang dimasukan diawal biasannya diindikasikan bahwa halaman tersebut atau halaman Anda itu sangat penting. Ketika menulis konten usahakan tulisan atau kata yang Anda buat itu lebih dari 300 kata. ( usahakan Informatif dan mudah dipahami )
Masukan Gambar Thumbnail, Gambar ini sangat penting untuk menjadi daya tarik artikel Anda namun usahakan gambar yang anda masukan itu sesuai dengan artikel yang Anda buat.
Apabila konten Anda yang berisi teks dan gambar Anda itu sangat menarik, pengunjung akan sangat betah sekali ketika mengunjungi dan membaca artikel Anda. Dan tentunya teks panjang dan gambar relavan ini juga lebih SEO Friendly.



d) Alamat URL Atau Link
Buatlah alamat URL yang sederhana namun mengena dan Tertarget. Alamat URL yang baik itu singkat, jelas, padat dan mudah dipahami. Sebagai contoh artikel yang kurang begitu bagus untuk SEO : Cara-Bermain-Bola-Basket-menggunakan-Tangan-tetapi.html Untuk contoh URL yang lebih SEO : Cara-Bermain-Bola-Basket.html




#2 SEO OFFPAGE
Untuk SEO Offpage itu sendiri meliputi:




a) BACKLINK
Untuk backlink biasanya Anda bisa menggunakan masspings.com selain itu Anda juga bisa menggunakan backlink-backlink yang banyak beredar dan tersedia luas di Internet secara gratis. Namun backlink yang baik adalah backlink yang berasal dari situs yang relavan dan cocok dengan artikel yang Anda bahas.




b) SOSIAL MEDIA
Tentunya Anda semua tau apa itu Sosial media? Yap! Sosial media ini sangatlah penting untuk meningkatkan visitor blog Anda. Caranya pun cukup mudah Anda cukup membagikan link artikel Anda ke group atau fanpage yang sesuai dengan niche atau artikel Anda dan alhasil nanti pasti ada yang tertarik untuk membuka dan membaca artikel Anda. Untuk sosial media sendiri anda bisa menggunakan Twitter, Facebook, Instagram dan masih banyak lagi.




c) SITUS FORUM
Selain sosial media, Anda bisa menggunakan Situs forum Karena ini sangat disarankan sekali bagi Anda yang mempunyai blog baru dan situs baru untuk mempromosikannya disana dan mendapatkan pengunjung. Caranya cukup tidak sulit, Anda cukup berkomentar atau membantu permasalahan orang lain yang sesuai dengan niche dengan menawarkan solusi nah pada solusi yang anda tawarkan itu bisa berupa URL blog atau web Anda. Ketika Anda menyisipkan link disana tentu tidak hanya 1 orang yang akan penasaran, pasti ada beberapa orang yang akan membuka link anda karena mungkin beberapa orang juga mempunyai permasalahan yang sama dengan lainnya.



Nah itulah hal sederhana tentang Optimasi SEO yang bisa Anda pelajari. Menurut Anda enak mana SEO Onpage apa Offpage? Sebenarnya selain penjelasan diatas masih ada banyak lagi cara tentang Optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage. Namun kami menjelaskan yang sekiranya basic yang bisa Anda terapkan dengan mudah nantinya.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang baru memulai nge-Blog bahkan yang sudah lama nge-Blog. Apabila ada pertanyaan Anda bisa memberikan pertanyaan bahkan saran di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah artikel ini. Selain itu Anda juga bisa request artikel yang tentunya tentang Google Adsense, Blog, Youtube, Mobile, Internet Tips dan lain lain.




Happy Blogging, Bloggers! Sukses untuk Anda semua yang sudah membaca!


4 komentar