Memahami Istilah CTR CPC RPM Google Adsense.
Memahami Istilah CTR CPC RPM Google
Adsense.
Google
adsense adalah media periklanan terbaik yang benar-benar membayar publishernya.
Sering Anda jumpai ada juga media periklanan lainnya yang tidak membayar publishernya.
Iklan dari Google adsense itu sendiri pun bermacam-macam. Ada banyak
periklanan-periklanan dari berbagai Negara yang bekerja sama dengan Google
adsense. Untuk memulai Google adsense-pun terbilang juga tidak begitu sulit. Yang
perlu Anda punya adalah akun Gmail, Akun Youtube, Akun Blog. Untuk mendaftar “Google
adsense for Youtube” sebaiknya anda mengupload satu video original Anda,
setelah itu anda bisa daftar dan kaitkan dengan Google adsense. Sedangkan untuk
“Google Adsense for Blog” itu sendiri terbilang cukup sulit, karena Anda harus
mempunyai artikel-artikel yang relavan dan pengunjung yang banyak agar diterima
Google adsense.
Buat
Anda yang sudah memiliki akun Google adsense, apakah Anda sudah mengerti akan
arti CTR, CPC RPM? Dan sudahkah Anda melihat di dashboard akun Google adsense Anda?
Apabila
Anda belum mengerti tetnang CTR, CPC, dan RPM ataupun sudah melihat di
Dashboard akun Google adsense Anda. Anda masuk pada artikel yang tepat.
Setiap
kali melihat laporan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di blog ataupun
Youtube, Teori Newbie sering menemukan istilah CTR, CPC dan RPM dalam laporan yang
ada pada dashboard google adsense. Istilah ini sering sekali muncul di
Dashboard, terkadang juga ada di tab laporan yang ada pada Google adsense Anda.
Sedikit “Teori Newbie” Jelaskan atau
terangkan tentang apa itu CTR, CPC, dan RPM :
1. CTR (Click Through Rate) Istilah CTR ini biasa digunakan untuk menghitung
jumlah klik iklan yang dibagi dengan jumlah tayangan iklan. sebagai contoh
Iklan yang ditayangkan di Blog atau Youtube Anda sebanyak 1500 kali dan
mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%
2. CPC (Cost Per Click) nah kalau Istilah CPC digunakan untuk
menghitung biaya per klik Iklan Anda. Untuk biaya perklik itu sendiri terbilang
berbeda-beda alias semua tergantung pada pengiklan atau iklan yang ditayangkan
di Blog atau Youtube anda. Agar Iklan yang tampil lebih relavan sebaiknya anda
menulis artikel yang satu niche saja (Untuk Blog). Untuk Youtube sendiri agar
iklan tetap relavan, sebaiknya Anda tetap mengupload Video yang mempunyai niche
yang sama alias satu niche saja. Apabila Anda mempunyai CPC yang rendah anda
bisa melakukan Riset Keyword untuk mengetahui CPC yang membayar mahal dan tentunya
persaingannya juga tidak terlalu tinggi.
3. RPM (Revenue per thousands) Istilah RPM ini digunakan untuk menghitung
Perkiraan Laba dibagi Jumlah Tampilan dikali 1000. Rumusnya adalah RPM=Perkiraan
Laba/Jumlah Tampil*1000. Sebagai contoh Iklan di Blog Anda mendapatkan
penghasilan $0.10 dari 500 Tampilan
halaman iklan, maka RPM iklan Anda adalah RPM=(0.10/500)*1000=$2.00
Nah itu dia sedikitnya penjelasan
tentang CTR, CPC dan RPM, apabila ada hal yang ingin Anda tanyakan Anda bisa member
tahu kami entah itu saran ataupun yang lainnya dengan meninggalkan komentar
pada kolom komentar yang sudah disediakan.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi
anda untuk kedepannya dalam mempelajari apa itu Google adsense dan
istilah-istilah yang ada.
0 komentar